Sejarah

Sejak tahun 1980 Universitas Pancasakti Tegal belum memiliki Fakultas Teknik, sedangkan kondisi lingkungan Universitas Pancasakti Tegal mendesak agar di buka fakultas tersebut, mengingat kota Tegal telah dikenal sebagai Jepangnya Indonesia.

Program Studi pada taraf awal ini terdiri dari Program Studi Teknik Mesin dan Program Studi Teknik Manajemen Industri dengan  jenjang pendidikan Diploma III (DIII), sesuai SK Dirjen Dikti No: 09 / D / O / 1995 tertanggal  14 Februari 1995.   Pada proses pendidikan ini mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan dan ketrampilan yang profesional bidang Teknik Mesin dan Teknik Manajemen Industri.

Sejak dibuka, Fakultas Teknologi Industri  telah mengalami kemajuan yang mantap, hal ini terlihat dengan semakin meningkatnya animo masyarakat untuk masuk menjadi mahasiswa Fakultas Teknik. Disamping itu lulusan dari Fakultas Teknik telah mengisi peluang diberbagai sektor lapangan kerja baik formal maupun non-formal. Pada perkembangan selanjutnya banyak desakan masyarakat dan para alumni jenjang DIII yang telah bekerja agar Fakultas Teknik membuka jenjang program Strata satu (S1). Maka pada Tahun 2005 Fakultas Teknik membuka program studi baru jenjang strata satu ( S1 ), untuk Program Studi Teknik Mesin  dengan surat ijin penyelenggaraan Dirjen Dikti nomor : 3028 / D / T / 2005, tanggal 8 September 2005 dan Program Studi Teknik Industri dengan surat ijin  penyelenggaraan Dirjen Dikti nomor : 2292 / D / T / 2005, tanggal  13 Juli 2005.

Kemudian untuk mengakomodasi perkembangan Program Study yang lebih luas maka nama Fakultas Teknologi Industri dirubah menjadi Fakultas Teknik sejak tanggal 6 Oktober 2009 dengan SK YPP Nomor 331/SK/C/YPP/X/2009. Sekarang ini Fakultas Teknik telah berkembang pesat, hal tersebut ditunjukan dengan Fakultas Teknik membuka program studi baru yaitu Program Studi Teknik Sipil  hal tersebut didukung oleh SK Kementrian Riset Teknologi Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia nomor  35/M/Kp/III/2015.